Ikuti Informasi Terbaru Lewat Media Sosial


Kurikulum Nasional (Pendahuluan)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang merangkum semua pengalaman belajar yang disediakan lembaga untuk peserta didik. Kurukulum disusun oleh para ahli pendidikan/ahli kurikulum, ahli bidang ilmu, pendidik, pejabat pendidikan, pengusaha serta unsur-unsur masyarakat lainnya. Rancangan ini disusun dengan maksud memberi pedoman kepada para pelaksana pendidikan, dalam proses pembimbingan dalam perkembangan siswa untuk mencapai tujuan yang telah ia cita-citakan, keluarga, maupun masyarakat. Suatu kurikulum diharapkan memberi landasan, isi dan menjadi pedoman bagi pengembangan kemampuan siswa secara optimal sesuai dengan tuntutan dan tantangan perkembangan masyarakat.

Dalam sejarah perjalanannya, menyempurnakan Kurikulum tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai sebuah kesempurnaan. Dalam Prinsipnya, kurikulum harus serasi (relevan) dengan tuntutan masyarakat, dan pendidikan dikatakan relevan jika produk pendidikan tersebut berguna bagi masyarakatnya.

Untuk mencapai hal demikian, Kurikulum Nasional yang diberlakukan di Indonesia berubah sebanyak delapan kali sampai sekarang (kurikulum 2006). Hal yang demikian terjadi untuk memenuhi tuntutan masyarakat kita dimana dari tahun-tahun mengalami perkebangan dalam segala bidang, demikian itu harus diimbangi dengan pengetahuan mempuni.


B. Rumusan Masalah

Dengan latar belakang diatas, untuk memudahkan dalam pembahasan sejarah perkembangan kurikulum dari masa kemerdekaan sampai era Reformasi kami Rumuskan sebagaimana berikut.

1. Apa yang dimaksud dengan Kurikulum Nasional ?

2. Seperti apa deskripsi kurikulum dari kemerdekaan sampai Reformasi ?

3. Seperti apa sistem evaluasi yang dipakai?

4. Faktor apa yang menyebabkan perubahanya?

Baca bagian lain dari artikel ini:

  1. Kurikulum Nasional (Pendahuluan)
  2. Pengertian Kurikulum Nasional (Pembahasan I)
  3. Perubahan Kurikulum Nasional (Pembahasan II)
  4. Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Kurikulum (Penutup)

Bagikan ke Teman Anda

Back To Top